Jak-Japan Matsuri 2009

Sampai saat ini (Selasa malam), badan gw masih terasa pegal akibat kemarin menghadiri Jak-Japan Matsuri…. T,T

Jak-Japan Matsuri merupakan acara yang diadakan atas kerjasama pemerintah DKI Jakarta dan kedutaan Besar Jepang. Acara ini telah dilakukan selama satu minggu. Acara penutupannya pada hari Minggu, 11 Oktober 2009 kemarin. Gw bersama teman-teman NOA minus (kurang beberapa anggota NOA), berkumpul bersama di silang Monas, tempat diadakannya Jak-Japan Matsuri. Harga tiketnya Rp. 20.000,00 saja.
Gw datang bersama Puput dan Usri setelah sebelumnya berkumpul terlebih dahulu di rumah Puput. Ternyata kami berangkat telat dan tidak sesuai janji sehingga Chisien harus menunggu kami selama satu jam. Maafkan kami, Chi..!? Hehe… Lalu kami menunggu yang lain, ternyata cukup lama, kurang lebih 30 menit, kemudian muncul Vita. Beberapa menit kemudian muncul Mira dan Riri, disusul Sari dan kedua temannya.

Tanpa berlama-lama kami langsung masuk ke area Jak-Japan Matsuri. Di pintu masuk masing-masing pengunjung diberi satu kipas gratis. Ketika kami masuk ternyata banyak sekali pengunjungnya…. mana cuaca saat itu sangat panas dan terik, membuat kami begitu tersiksa…Kami bingung karena banyaknya pengunjung, saat pertama kami hanya mengelilingi seluruh stand yang ada karena belum ada penampilan di atas panggung utama. Tetap saja kami jadi pusing tujuh keliling karena tidak tahu harus berbuat apa…Ingin membeli es serut tapi harus mengantri dengan antrian yang panjang dan ramai. Kemudian kami lanjutkan dengan terus berkeliling tanpa tahu arah sehingga kami pun mulai berpisah satu sama lain. Gw, Puput dan Usri tetap bersama.

Karena tidak tahu harus berbuat apa, saya memutuskan supaya kami berburu (mencari) orang Jepang asli untuk berfoto bersama kami, supaya dilihat seperti benar-benar berada di Jepang, hehehehe… Saat itu usaha kami gagal karena kami tidak bersemangat melihat begitu penuhnya pengunjung dan udara yang panas serta terik. Memang pada saat acara itu banyak pengunjung yang melakukan cosplay, tapi kami tidak tertarik untuk berfoto bersama mereka karena cosplay mereka tidak mirip dengan tokoh sebenarnya.

Kami bertiga pun putus asa dan terus mengeluh….huff!! Di dalam rasa putus asa, Usri mengajak kami untuk membeli es serut. Dia sudah tidak tahan dengan godaan es serut, penampilan es serut pada saat itu benar-benar menggoda kami. Lalu kami membelinya, ternyata ketika dimakan, rasanya sama saja seperti es serut pada umumnya, tetapi warna sirupnya lebih banyak. Kami mencari tempat untuk duduk dan menikmati es serut.

Sehabis makan es serut, kami berkeliling lagi tanpa tujuan….hahaha….Terdengar di telinga kami ada alunan musik jazz, ternyata penampilan di panggung sudah dimulai. Kami menyaksikan big band Jepang yaitu Galaxy. Wow…..!!!! Mereka keren banget!!!! Penampilan mereka sungguh menghibur kami dan menenangkan hati. Penampilan selanjutnya dari sebuah kelompok yang terdiri dari banyak anggota, yaitu Sing Out Asia. Mereka bergaya etnik, tidak berpenampilan seperti orang Jepang pada umumnya. Mereka membawakan lagu-lagu daerah dari berbagai negara. Sungguh mengagumkan! Sing Out Asia mengikut-sertakan penyanyi dari Indonesia, Filipina, Thailand dan Laos. Penyanyi dari Laos yang menarik banyak pengunjung khususnya wanita karena parasnya yang tampan seperti artis Korea. Ketika bagian dia bernyanyi, penonton menyorakinya dengan senang, PRIKITIUW….!!! Hahahaha….

Setelah penampilan dari Sing Out Asia, disusul penampilan Mikoshi. Setelah Mikoshi, dilanjutkan permainan taiko beberapa wanita yang berpenampilan anggun berbalut gaun merah, sayang sekali gw lupa nama grupnya… T__________T Gilaaaaaaaaaaaaaa…………………!!!! Keren banget!!! Gw salut melihat penampilan mereka. Mereka sangat bersemangat dan kuat banget memukul-mukul taiko. Tangan mereka pun terlihat kekar…. o_O WAW kereeeeeeenn…!!!!

Mikoshi @ Jak-Japan Matsuri

Mikoshi @ Jak-Japan Matsuri

Penampilan paling akhir adalah Bon Odori, dilakukan di atas panggung yang terletak di tengah lapangan. Pada awal penampilannya, para penonton hanya terdiam menyaksikannya, namun para penonton yang berdiri dekat panggung meniru tarian di atas panggung. Memang sudah seharusnya mengikuti gerakan penari di atas panggung. Lama kelamaan banyak penonton yang ikut menari, temasuk gw, Puput, dan Chisien. Rasanya senang sekali bisa ikut menari dan itu pertama kalinya kami ikut Bon Odori, kekeke… Penonton yang ikut menari semakin bertambah banyak dan kami pun semakin semangat untuk menari…sampai tiba waktunya acara harus selesai, para penonton memohon untuk tambahan waktu supaya kami bisa menari lagi…. Atas izin panitia, Bon Odori pun diperpanjang, dan kami terus menari dengan semangat sampai keringat bercucuran bahkan tak jarang saling menabrak satu sama lain karena jarak yang sempit. Bon Odori belum selesai tapi Chisien sudah harus pulang, jadi tinggal gw dan Puput. Kami melanjutkan menari sampai acara selesai.

Acara selesai sekitar jam 10 malam. Puput segera menghubungi orang tuanya untuk minta dijemput. Kami berdua sangat capek dan keringat bercucuran, seperti habis melakukan aerobik, huehuehue…. Tetapi kami benar-benar merasa senang!!! \(^-^)/ Rasa haus yang begitu kuat membuat kami lemas, kami mencari apakah masih ada stand yang menjual minuman. Ternyata masih ada yang menjual minuman isotonik. Sayang sekali kemasan kaleng tidak ada yang dingin, hanya kemasan botol 2 L yang dingin, tanpa banyak berpikir, gw langsung beli yang 2 L. Puput yang minum pertama kali, pas giliran gw yang minum tiba-tiba ada seorang cowok (mas-mas) yang berkata ke temannya “Lihat tuh, mbak-mbak itu minumnya aja sampai 2 L…”, dia mengucapkannya dua kali. Perkataan cowok tadi membuat gw hampir tersedak karena ingin tertawa. Untungnya gw tidak melihat rupa cowok itu, huehuehue…
Kami berdua pun tertawa bersama karena kejadian itu, sepertinya cuma kami berdua (dua orang wanita) yang membeli dan minum minuman ukuran 2 L, wakakakakak….😀

Sampai di rumah, gw langsung mandi karena badan sudah lengket dan kotor. Kedua telapak kaki gw melepuh karena memakai sandal yang tidak nyaman ditambah cuaca yang panas terik. Rasa capek fisik yang gw alami kalah dengan kebahagiaan yang gw alami setelah mengikuti Bon Odori…Waaaaaaaahhhhhhhhhh……benar-benar pengalaman tak terlupakan!!!!🙂 Lain waktu apabila ada acara Bon Odori lagi, gw pasti mau ikut, sekalian menyehatkan badan!! Hehe…

Bon Odori @ Jak-Japan Matsuri

Bon Odori @ Jak-Japan Matsuri

Oia, gw, Puput dan Chisien sempat berfoto bersama. Awalnya gw lihat sebuah keluarga Jepang yang terdiri dari Ayah, Ibu dan dua anak yang memakai pakaian khas Jepang, tetapi mereka sedang sibuk berbincang dengan kolega mereka sehingga gw tidak berani meminta foto bersama. Kami bertindak sepeti penguntit untuk mencari kesempatan supaya bisa berfoto bersama, hahaha… Walaupun tidak bisa berfoto bersama, setidaknya mereka menjadi latar belakang foto kami. Foto kami pun terlihat sepeti kami berada di festival di Jepang, hahahaha… Akhirnya gw, Puput dan Chisien berhasil foto bersama dua gadis Jepang yang memakai pakaian Jepang (ternyata mereka turut serta dalam Mikoshi). Mereka duduk santai sambil minum bir, wew….O_o’ Awalnya tidak ada yang berani meminta mereka untuk foto bersama, terpaksa gw yang meminta mereka dengan menggunakan bahasa Inggris, kami tidak tahu apakah mereka mengerti atau tidak, yang penting kami bisa foto bersama…wekekekekek… :9

6 Comments »

  1. Ipoet Said:

    Edan seru bgt kmrn mit!! apalagi pas bon odori kyaaaa xD
    BTW untung pas si mas2nya ngomong ntu bukan gw yg lg minum, malu juga gyahaha…
    oia yg mas2 dari Laos emang ganteng sih cuit cuit priwit prikitiuwww!!

    • mita = mita Said:

      Jadi intinya lo senang gw yang kena cela? Huuu… Setidaknya gw bisa ketawa juga walau malu….
      Siapa nama penyanyi dari Laos itu?? Gw jadi ga bisa cari di Google ne… T__T
      Hahahaha….

  2. tery Said:

    wah saya juga datang ke acara jak-japan matsuri..ga nyesel beli tiketnya!
    paling suka performance dari sign out asia, dan permainan taiko-nya..nama grup taikonya hono-o-Daiko..tapi sayang ga ada hanabi

    salam kenal yak

    • mita = mita Said:

      Hey Tery! Salam kenal juga.
      Iya ga nyesel beli tiketnya!🙂
      Oh ternyata namanya Hono-o-Daiko… Hehe…
      Btw g lihat dr alamat imel lo sagara…, apa berkaitan dengan Sanosuke Sagara?? Hehehe…

      • Tery Said:

        hehe bukan sanosuke sagara..tapi sagara yang maen di full metal panic ^^ oia personil sign out asia yang cakep itu (tau lah ya) ternyata orang laos yah? gw tertipu..gw kira orang korea atau jepang, ternyata!!

      • mita = mita Said:

        Oh Full Metal Panic… G ga ikutin critanya tuh… Hehehe…
        Iya dari Laos, MASIH SEGAR!!!! Hahahaha…..
        Tapi sayang g lupa namanya… T___T
        Seinget g d Sing Out Asia ga da orang Korea.. Orang Korean sibuk pengen jadi artis kayak SNSD ato Super Junior, jajajaaaa…


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: