My Mom

Kemaren gw baru selesai baca buku “Aku Terlahir 500 gr dan Buta” karangan Miyuki Inoue. Baru pertama kali gw baca buku sejenis novel sampai selesai. Biasanya males banget, lebih suka baca manga alias komik Jepang. Buku ini berdasarkan kisah nyata dan bahasanya sederhana sehingga mudah dimengerti, jadi gw membacanya sampai selesai.
Buku ini benar-benar menceritakan pengalaman hidup si pengarang, ternyata sungguh berat menjadi dia. Membaca cerita mengenai ibunya, sungguh membuat gw takut sekaligus salut. Ibunya yang keras mengajarkan Miyuki untuk tidak menyerah dengan keadaan sehingga membuat Miyuki lebih mandiri, tegar, dan tidak minta dikasihani oleh orang lain.
Sosok ibu Miyuki mengingatkan gw akan sosok Mama gw yang tidak jauh berbeda dengan ibunya Miyuki. Mama gw orangnya keras, selalu mengajarkan gw untuk berusaha keras, tidak cengeng, dan bisa bertahan dalam kondisi apapun. Beliau tidak memandang bulu, baik perempuan atau laki-laki, dia memperlakukan gw sama seperti saudara laki-laki gw lainnya padahal gw anak perempuan satu-satunya. Bahkan beliau tidak sungkan untuk menyuruh gw melakukan pekerjaan rumah yang biasanya (pada umumnya) dilakukan laki-laki, misalnya mengangkat galon ke dispenser dan mengangkat barang-barang berat lainnya, bahkan menyuruh gw memperbaiki alat-alat elektronik yang rusak karena gw mengambil jurusan Elektro. T___T Beliau mengajarkan gw untuk tidak bergantung pada orang lain, dan kalau sudah menikah nanti jangan sampai bergantung 100% kepada suami. Maksud dari pernyataan sebelumnya, supaya gw bisa menghasilkan duit sendiri alias tidak selalu meminta uang kepada suami, kelak gw pun bisa membantu keuangan keluarga.🙂

Leave a Reply

