Udang Saus Padang

Teman-teman gw yang membaca ini pasti kaget karena tidak akan menyangka bahwa gw memasak…hahaha…
Walau bentuk dan rupa gw seperti ini (seperti yang telah kalian ketahui), gw mempunyai hasrat untuk memasak lho! Hehehe… :9
Resep ini gw dapat dari sebuah sumber di internet dan gw lupa sumbernya. Resep ini telah gw uji coba sendiri.
Berikut ini adalah resepnya :

Udang Saus Padang

Bahan :
500 gr udang segar ukuran sedang
1 sdm minyak goreng
50 ml air

Bumbu halus:
12 buah cabai merah
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdt terasi, panggang
½ sdt gula pasir
1½ sdt garam
3 cm jahe

Cara membuat :
1. Kupas udang, sisakan ekornya, kerat punggungnya dan bersihkan.
2. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu hingga harum dan kering.
3. Masukkan udang ke dalam tumisan bumbu, aduk rata dan masukkan air saat udang mulai berubah warna. Masak hingga udang matang dan air mengering. Angkat dan sajikan hangat.

Saran gw, ketika udang telah dibersihkan, sebaiknya udang diberi perasan 1 buah jeruk nipis atau jeruk lemon supaya udang tidak berbau amis, didiamkan sebentar lalu tiriskan supaya air jeruk tidak terlalu banyak. Kita cenderung enggan mengkonsumsi makanan yang masih berbau amis ketika sudah dimasak. Selain itu, perasan jeruk nipis atau jeruk lemon dapat menambah cita rasa masakan.

Dalam resep ini tertulis bahwa “masukkan air saat udang mulai berubah warna”, karena udang telah dibersihkan dengan air dan telah diberikan perasan jeruk sebaiknya tidak perlu menambahkan air karena ketika dimasak air tersebut sudah keluar dari udang dengan sendirinya. Apabila ditambahkan air maka akan terlalu banyak air sehingga rasa spicy dari bumbunya tidak akan terasa.

Untuk membakar terasi, apabila tidak punya alat khusus untuk membakar, cukup dengan mengambil terasi lalu dibentuk bulat seperti bola dan ditancapkan pada ujung pisau atau garpu lalu dibakar di atas kompor.

7 Comments »

  1. Refina Said:

    Boong ABIZ kalo lo masak ini…
    indomie rebus aja masih jagoan gw yg masak…

    HAHAHAHAHA…..

    • mita = mita Said:

      Argh!! Dikau iri padakuuu…. Huuuuu…. :p
      Gw maklum lo kan ratu indomie rebus beraneka rasa pulaaa….!! Wakakakak….

  2. Indra Said:

    Saus padang?
    Jadi teringat makan kerang bambu saus padang di de C***t. hehehe..
    Murah + muantabs…
    habis dah semua… tapi tak ikut bambunya..hahahaha….

    • mita = mita Said:

      Bambu buat apa? Yakin ga dimakan? Bukannya pasti dimakan krn biasa debus?? wakwakwak…

  3. multilive Said:

    kayaknya ni resep ada yang kurang deh bumbunya…setau gw sii kalau saus padang itu ada bumbu saus cabe dan saus tomatnya….n kyknya kalau pake terasi itu namanya masakan sunda kali…

    sorry sist, info n kritik doank…

  4. paramytha Said:

    aku pernah jg masak udang dgn resep penemuan sndri..
    bumbuny mirip, tp ditambah:
    lengkuas geprek 2 cm
    daun salam 2 lembar
    daun jeruk 3 lembar

    ditumis breng bumbu ketiganya.
    hmpir mirip sm bumbu sambal goreng, tp tanpa santan… try it!! spicy n indonesia bgt..

    • mita = mita Said:

      Waaahhh… terima kasih atas masukannya.
      Mari kita bereksperimen dengan bermacam rempah2/bumbu2 yg ada di Indonesia!! :)


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

